Senin, 10 Agustus 2015

Catatan Perjalanan : Anti Wacana "Backpacker" Bandung - Jogja (part 1)

Destinasi backpacker 3d 2n di jogja

Bermula dari wacana ingin rehat dari urusan hidup yang sudah semakin rumit, akhirnya jadi juga kita berangkat backpackeran. Awalnya nggak kepikiran jogja, malah inginnya ke lumajang atau bahkan kepikiran keliling jakarta aja deh daripada wacana beneran cuma wacana -_-

Saat itu cuma kepikiran "pokoknya harus jadi pergi, entah sama siapa aja atau kemana, pokoknya harus pergi". Alhamdulillah, meski tadinya yang mau ikut berempat, endingnya cuma berdua. Tapi luar biasa, Allah justru kasih partner yang sangat baik untuk perjalanan 3 hari ini. Partner yang nggak gampang panik, nggak pernah ngeluh dan jago baca peta. Apalah daya diri ini yang buta arah jika tidak diingatkan "Teh, 500 meter lagi belok kanan". Kalimat itu masih terngiang-ngiang sampai sekarang, haha.

Oke, jadi dua minggu sebelum berangkat, kita (tepatnya aku yang nggak bisa tenang kalau belum bikin plan) udah siapin itinerary dan baca-baca catatan perjalanan orang. Cost perjalanan juga udah dihitung, termasuk lokasi-lokasi yang mau dikunjungi, penginapan, sewa motor, dsb. Tips 1 : plan kaya gini tetep penting, minimal perhitungkan baik-baik rencana perjalanannya, jadi pas sampai di kota tujuan udah tau mau kemana aja dan sudah siap akomodasinya. Kalau udah siap gitu kan enak, tinggal siap-siap buat jelajah kota.

Kita berangkat pukul 07.20 dari Stasiun Bandung dengan kereta Lodaya Pagi. Kita terpaksa beli tiket kelas Bisnis karena kehabisan tiket kelas Ekonomi. Tips 2 : Beli tiket kereta api dari jauh-jauh hari. Karena untuk seorang backpacker, 20 ribu juga sangat berarti. Keretanya nyaman, toiletnya juga bersih, banyak bule nya juga (ya terus kenapa). Dan pelayanan petugasnya juga ramah. Oh ya, harga tiket kelas bisnis termurah 140K, ekonomi 100K. Nggak jauh beda ya? Tapi kalau dari aku prefer kelas Bisnis karena lebih nyaman dan lebih cepat sekitar 2 jam dari kelas ekonomi. Yap, dengan syarat beli tiketnya harus dari jauh-jauh hari ya biar nggak kehabisan.

Yeah, Finally setelah 8 jam perjalanan, akhirnya kita sampai pukul 15.20 di Stasiun Tugu Yogyakarta. Excited banget karena masih nggak nyangka aja kita berdua bisa menjadikan wacana jadi kenyataan, haha. Setelah shalat, kita langsung hubungi penyewa motor yang sebelumnya udah kita kontak untuk sewa motor selama dua hari. Di jogja kayanya udah nggak aneh ya delivery motor sewa kaya gini, jadi kita tinggal nunggu orangnya sampai di Stasiun Tugu, lakukan pembayaran dan administrasi lainnya, lalu cuss deh cari penginapan. Harga sewa motor ini 70K/hari. Kita sewa dua hari untuk keperluan jelajah kota karena memang lebih efisien pakai motor dibanding harus naik bis berkali-kali mengingat destinasi kita lumayan jauh dari pusat kota Jogja.

Oh ya! Backpackeran kita kali ini didukung penuh oleh Waze, sang penyedia layanan GPS terbaik haha. Dibantu dengan waze, akhirnya kita menuju jalan Sosrowijayan yang disebut-sebut sebagai kampung turis karena semua jenis losmen ada disana, khususnya yang murah-murah. Sebelumnya kita punya rencana untuk menginap di Hotel Indonesia Jl, Sosrowijayan no,9, tapi karena kedodolan aku yang males booking ulang, akhirnya kehabisan kamar -_- Tips 3 : Jangan malas cari info dan booking hotel. FYI, Hotel Indonesia ini tergolong murah (banget). Harga termurah permalamnya 70K, termahal 210K (AC). Tapi alhamdulillah, di depan hotel ada bapak-bapak yang bantuin cari hotel lain. Setelah survey, diputuskanlah untuk menginap selama dua hari di losmen Nuri. Losmennya walau sederhana tapi bersih dan nyaman, kita pakai yang double bed dan kamar mandi dalam seharga 125K semalam.

Losmen Nuri Jl. Sosrowijayan

Setelah sampai di losmen, istirahat sejenak untuk membersihkan diri. Ba'da Isya keluar lagi untuk cari makan di daerah malioboro. Sejak baca peta dari yogyes udah ngeceng gudeg Yu Djum yang tenar itu, tapi gudegnya habis :( Akhirnya tetap makan malam di Jl.Dagen, lumayan banyak lesehan yang nyaman di Jl.Dagen itu.

Malam menjelang, lalu setelah jalan-jalan di Malioboro kita pulang ke losmen, ceritanya hemat tenaga untuk esok hari. Oh ya, dalam dua malam itu kita selalu rencanakan perjalanan kita untuk esoknya, semacam briefing gitu deh. Dan tak lupa juga untuk membahas "mereka" sebagai penghangat suasana.

Plan yang kita buat malam itu adalah : Berangkat subuh ke prambanan untuk lihat sunrise - waduk sermo - kalibiru - gua kiskendo - kedung pedut - pantai glagah. Destinasi kita memang kulonprogo dari awal, mengingat daerah lain sudah mainstream, jadi kita mencoba jadi backpacker anti mainstream gitu deh.

But you know lah ya, suatu saat plan akan tetap sekedar menjadi plan. Kita baru berangkat pukul 05.30, akhirnya lihat sunrise depan losmen. Kita langsung menuju prambanan saat itu, dan sampai sekitar pukul 06.30. Tapi... kita nggak jadi masuk karena nggak begitu tertarik. Cukup jalan-jalan aja dan check in path -_- Lucunya kita malah nongkrong di sebrang kandang rusa, nontonin rusa hidup yang mirip patung karena jarang gerak.

Setelah itu, kita langsung bersiap menuju wates, kulonprogo. Perjalanan kesana memakan waktu sekitar 1,5 jam (karena dari prambanan). Jalannya mulus, tapi jalan menuju kalibiru agak sempit dan agak curam. Selain itu sepiiii banget. Oh ya, kita sempatkan diri untuk sarapan Soto Pak Imo di wates (asli deh, jalan-jalan bikin lupa makan). You know what? Sotonya enak dan murah, haha. Seporsi soto daging cuma 9500 rupiah. Padahal tempat makannya lumayan besar dan banyak cabang, kalau di bandung sih pasti udah rate 25K keatas :"

Soto Pak Imo

Perjalanan ke waduk sermo kita batalkan mengingat ternyata lebih dekat ke kalibiru. Jalannya sepiii banget, hati-hati dengan kendaraan dari arah berlawanan karena kadang nggak keliatan. Tapi yang bikin kita salut, jogja ini luar biasa penataan lokasi wisatanya, jalanan mulus jadi nggak perlu khawatir berlebih. Meski menyeramkan pas turun tanjakan, hiiii.

Selama di perjalanan disuguhkan pemandangan hutan yang keren, sejuk pula. Tapi sekali lagi... sepi. Untunglah partner perjalananku setia mendengarkan segala ocehan yang tak penting itu :"

Jalan menuju kalibiru


Sebenarnya ada dua jalur menuju kalibiru, tapi waze berkata bahwa jalur sentolo itu lebih cepat daripada harus melewati waduk sermo dulu. Dari RM Soto Pak Imo menuju kalibiru hanya sekitar 25 menit kok.

By the way, kalibiru itu masih agak asing di telingat kita. Kita memantapkan tekad untuk kesana setelah baca-baca review orang. Ini nih fotonya :

Tempat instagrammable di kalibiru

Indah banget kan? Awalnya kita ingin ikutan foto juga diatas dipan itu, tapi karena satu dan lain hal akhirnya kita mengurungkan niat dan cukup menikmati pemandangan yang luar biasa indah. Waduk sermo terlihat gagah dari kejauhan, langitnya cerah, udaranya sejuk, pokoknya keren deh! Untuk masuk ke kawasan wisata kalibiru hanya butuh 5K untuk tiket masuk dan 2K untuk parkir. Kalau mau foto diatas bayar lagi 10K. Disana juga ada flying fox dan beberapa game outbound lainnya.

Oh ya, di daerah kalibiru ini juga disewakan pondok-pondok. Denger-denger rate harganya sekitar 150K-250K semalam. Bisa untuk lima orang deh kayanya. Pokoknya asique kalau bisa dapet sunrise atau sunset disini :"


Nah untuk kisah-kisah selanjutnya di kedung pedut, gua kiskendo, pantai glagah beserta rincian costnya akan diposting selanjutnya. See you ^_^

Share:

12 komentar:

  1. terimakasih banyak, sangat menarik sekali...

    BalasHapus
  2. OKeee Mencoba browsing mencari Info Agen Travel Karimunjawa yang menyediakan Paket Wisata Karimunjawa Murah atau Paket Backpaker Karimunjawa dengan pelayanan yang istimewa sementara menyiapkan Spesial Honeymoon Karimunjawa yang Romantis, mencari juga Tiket Kapal Karimunjawa untuk mengetahui update Jadwal Kapal Penyeberangan ke Pulau Karimunjawa, atau mencari Open Trip Karimunjawa biar rame dan lebih seru

    BalasHapus
  3. Minta no kontak penyewaan motor sama penginapan boleh?

    BalasHapus
  4. Minta no kontak penyewaan motor sama penginapan boleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ✆ 082135287088 - 085643107277
      Blackberry Pin: 5499E807
      Line: resmilerental
      Instagram: resmilerental
      follow twitter: @resmile_rental
      facebook: Resmile Rental
      www.resmilerental.com

      Maaf untuk penginapan saya ngga punya nomornya, ini alamatnya Losmen Nuri jln. Sosrowijayan Wetan GT1/77 Yogyakarta

      Hapus
  5. salam kenal...
    saya menyediakan paket tour dan sewa mobil di kota Yogyakarta,
    ada paket : Gua pindul - Pantai Timang - Merapi - Kalibiru - Borobudur dan banyak lagi tempat menarik di kota kami...
    Please feel free to contact us anytime.
    WhatsApp : + 62 899 414 5356
    Call : +62 81 2273 2636
    Email : info.tanahagung@yahoo.com
    Web : www.tanahagungtours.com

    BalasHapus
  6. Dear Ms. Amanda ,

    Allow me to introduce my self, my name is Gilang. I saw one of your article and must say that i am very impress

    tie the really well taken picture's and choices of word's you use, it is very elegantly well written.

    Have you ever think about letting the world read your blog? If you are interested, please reply to this email to know more

    gilangrilhami@decoumon.com
    .

    BalasHapus
  7. Yuk Kak liburan Lagi Menikmati Indahnya Kota Jogja Dengan Berbagai Destinasi Wisata Yang Terbaru Tentunya.

    Kami VICTOR WISATA Melayani :
    - SEWA MOBIL/ELF/BUS
    - PAKET WISATA/FAMILY GATHERING
    - JASA PEMANDU WISATA
    - RESERVASI HOTEL
    - SEWA HOMESTAY
    - WISATA JEEP MERAPI
    - WISATA SEPEDA KELILING DESA

    Reservasi VICTOR WISATA :
    Telepon/SMS/Whatssap : 081915537711 (XL)

    Telepon/SMS : 082137676966 (TELKOMSEL)

    PIN BBM : D283472C – 51843E1D

    Instagram : victor_wisata

    Webbsite : www.victor-wisata.com


    Sewa Mobil Keliling Jogja Tarif Mulai Rp. 450.000 (Include : Mobil+BBM+Driver)

    BalasHapus
  8. Thanks for sharing.. yuk bagi yang minat order tasnya, Sebelum kehabisan model2 yg lagi update,bisa kunjungi katalog kita di pabrik tas kita,..
    toko tas kita menyediakan banyak model tas yang bisa di pilih-pilih, pemesanan bisa partai besar maupun kecil dengan harga relatif murah

    NB : HATI2 DI PABRIK TAS JOGJA INI BANYAK TAS2 BAGUS dan KECE !!!

    Thank's.

    BalasHapus